Senin, 29 Oktober 2012

Soul Eater

Soul Eater volume 1

Soul Eater atau juga disebut Soru Ita dalam dialek Jepang adalah manga yang ditulis dan diilustrasikan oleh Atsushi Okubo. Bersetting di “Death Weapon Meister Academy-DWMA (Shinigami Buki Shokunin Senmon Gakko)”, seri ini berkisar tentang tiga tim yang masing-masing terdiri atas seorang weapon meister (shokunin) dan sedikitnya seorang human weapon yang berusaha mengumpulkan 99 jiwa manusia jahat dan satu jiwa penyihir untuk menciptakan “death scythe”.

Maka Albarn, seorang pengendali senjata iblis (meister), serta Soul Eater adalah siswa di DWMA yang berlokasi di Death City, Nevada, Amerika Serikat. Soul Eater yang merupakan magama (sabit iblis) adalah senjata partner Maka.
Selain Maka, ada lagi dua meister yang menjadi chara inti dari plot cerita, yakni Black Star pemilik maanki (senjata kegelapan iblis) bernama Tsubaki, dan Death the Kid dengan Liz dan Patty, dua pistol iblis Thompson bersaudara. Kepala sekolahnya adalah Tuan Shinigami yang juga ayah Death the Kid.

DWMA didirikan untuk melatih para meister dan senjata mereka. Meister-meister diharuskan memberi makan (mengumpulkan) 99 jiwa manusia jahat dan satu penyihir yang akan meningkatkan kekuatan senjata dan mengubahnya menjadi death scythe, senjata yang digunakan oleh Tuan Shinigami. Namun, jika mereka gagal, mereka harus mengulangi pengumpulan jiwa dari awal lagi. Dalam Soul Eater, penyihir adalah makhluk kuat yang merupakan musuh alami DWMA dan hampir semua penyihir memiliki sifat dasar yang merusak.



Maka dan Soul Eater telah mengumpulkan 99 jiwa manusia jahat. Dengan demikian, mereka tinggal mendapatkan satu jiwa penyihir. Maka dan Soul akhirnya menemukan Blair, gadis seksi yang pada awalnya terlihat sebagai penyihir. Namun, mengalahkan Blair bukanlah tugas mudah. Dengan susah payah, Maka behasil memberi makan Soul dengan jiwa Blair. Bukan kekuatan yang didapat Soul setelahnya, mereka justru harus mengulangi perburuan jiwa dari awal lagi! Karena Blair ternyata bukanlah penyihir, ia hanya seekor kucing yang punya kekuatan sihir sangat kuat. Manusia saja yang suka menganggapnya sebagai penyihir.

Black Star dan partnernya Tsubaki menuju tempat penyihir Angela yang dikawal Mifune. Mifune adalah orang kuat yang mempunyai jiwa setara dengan 99 jiwa manusia. Suatu kebetulan luar biasa bagi Black Star, karena ia belum mengumpulkan satu jiwa manusia pun, alias pengumpulan jiwa Black Star adalah nol. Jadi, jika berhasil mengambil jiwa Mifune dan Angela, Black Star dapat langsung mengubah Tsubaki menjadi death scythe. Pertarungan antara Black Star bersama Tsubaki melawan Mifune pun terjadi. Namun, setelah hampir mengalahkan Mifune, Black Star mengurungkan niatnya, karena ia akhirnya mengetahui kalau Angela hanyalah seorang gadis penyihir cilik yang bahkan belum punya kekuatan penyihir. Karena itulah Mifune melindunginya dari manusia. Black Star pun meninggalkan Mifune dan Angela karena tak tega membunuh mereka.

Sementara itu, Death the Kid, anak tuan Shinigami berada di piramid Anubis di Mesir. Sebagai anak Tuan Shinigami, Kid sebenarnya tidak perlu bersusah payah membuat death scythe sendiri, karena ia juga shinigami. Namun, Kid bertekad menciptakan death scythe sempurnanya sendiri. Bersama dua senjatanya, Kid harus mengumpulkan jiwa dua kali lipat jumlah biasanya. Kid serta Liz dan Patty, senjata bersaudaranya, berada di piramid Anubis karena disana ada necromancer yang membangkitkan para mumi untuk menyerang penduduk di malam hari. Kesempatan bagus bagi Kid sebab disana pasti tersedia banyak jiwa mumi jahat. Tetapi, necromancer malah membangkitkan kemarahan pharaoh karena mempermainkan jiwa rakyatnya. Pharaoh yang marah mengisap necromancer dan menyerang Kid. Pada akhirnya, Kid tidak hanya berhasil mengalahkan pharaoh serta semua mumi. Dia malah menghancurkan piramid!! Gara-gara tindakan sembrononya itu, perolehan jiwa yang didapatnya di piramid disita oleh ayahnya.

Saat kembali ke sekolah, Maka, Soul, Black Star, serta Tsubaki harus menerima hukuman di kelas perbaikan (remedial) karena jiwa yang berhasil mereka kumpulkan adalah nol. Mereka harus bertarung mengalahkan mantan guru DWMA yang telah menjadi Zombie, Sid Barret. Dari Sid mereka tahu kalau yang telah mengubah guru yang baik itu menjadi Zombie adalah Dr. Franken Stein, meister terkuat yang pernah lulus dari DWMA yang juga partner pertama death scythe Shinigami saat ini. Dengan kata lain, Stein adalah partner ayah Maka sebelum ibunya.

Maka, Soul, Black Star, dan Tsubaki nyaris berada dalam pertarungan melawan Dr. Franken Stein yang mengungkapkan bahwa pertarungan tersebut telah  dipersiapkan untuk kelas remedial. Setelah pertarungan, Stein lantas menjadi guru di DWMA.

Kid memutuskan untuk bergabung dalam DWMA dan menunjukkan kekuatannya yang luar biasa melawan Soul dan Black Star yang tidak akur satu sama lain.
Maka dan Soul menjumpai Crona, meister dari iblis pedang bernama Ragnarok, yang mengisap jiwa manusia biasa, bukan manusia jahat. Ia dipaksa oleh ibunya, Medusa. Tujuan Medusa adalah untuk mengubah Crona menjadi kishin, seorang dewa iblis. Medusa dan pengikutnya menyerang DWMA saat malam festival memperingati pendiri mereka yang bertujuan untuk menghidupkan kembali Asura, kishin pertama yang hampir menjatuhkan dunia dalam kekacauan dan kegilaan sebelum akhirnya disegel oleh Shinigami.

Sekalipun melawan kombinasi Maka, Black Star dan Death the Kid, gerombolan Medusa berhasil membangkitkan Asura yang pernah bertarung dengan Shinigami. Soul terluka parah saat melindungi Maka dalam pertarungan melawan Crona. Medusa dikalahkan oleh Dr. Franken Stein dan ayah Maka, Death Scythe, sementara Crona menyerahkan diri ke DWMA dan bergabung disana. Ia lantas menjadi teman Maka.

Soul eater, nama atau sebutan yang terdengar aneh, yang maknanya mungkin adalah pemakan jiwa/roh. itu lah yang memang terjadi pada manga dan anime buatan Ohkubo Atshushi ini. cerita tentang sekumpulan anak yang bersekolah di sekolah para teknisi (pengguna senjata), sekolah itu disebut shibusen, sekolah yang di pimpin oleh Shinigami-sama.



1. Maka Albarn


Tokoh utama cerita ini adalah soul eater sendiri.soul eater adalah weapon (senjata) dan teknisinya adalah Maka Albarn. bersama teman temannya mereka mencoba untuk bisa mnejadi Death scythe (sabit kematian), yaitu senjata yang akan di pakai oleh tuan Shinigami secara langsung. Ayah dari Maka adalah seorang Death Scythe, namanya spirit. syarat untuk menjadi Death Scythe adalah harus bisa memakan 99 jiwa manusia, dan 1 jiwa penyihir. pada episode awal maka dan soul eater sudah mengumpulkan 99 jiwa manusia, hanya tinggal 1 jiwa penyihir, tapi orang yang dikira penyihir itu ternyata seekor kucing, jadi soul telah memakan jiwa kucing. sehingga maka dan soul harus memulai semuanya dari awal. wujud senjata soul adalah sabit raksasa.

2. Blackstar


tokoh utama yang lain, adalah Black star, dia juga seorang teknisi, dan senjatanya adalah tsubaki. mereka berbeda dengan soul dan maka, jika soul dan maka, soul hanya bisa berubah menjadi sabit saja, tapi tsubaki bisa berubah menjadi berbagai senjata. hampir semua senjata bertipe senjata ninja. Black star sendiri adalah seorang ninja dari klan bintang. blackstar memiliki frekuensi jiwa yang besar. jadi serangan serangnya cukup mematikan. sejak tsubaki mendapat kekuatan dari demon blade masamune (kakak tsubaki) setelah mengalahkan masamune tentunya. kekuatan tsubaki meningkat, mungkin kalo dalam anime bleach saat black star dan tsubaki pada demon blade mode... itu kayak bankai pada shinigami...wkwkwkwkkwkwkwk

3. Death the Kid


Tokoh selanjutnya adalah Death the Kid, ini dia tokoh favorite saya. orang yang sangad gila pada sesuaru yang disebut "simetris". dia adalah anak dari shinigami sama. weapon partner nya adalah liz thomson dan patty thomson. liz dan patty dapat berubah menjadi pistol. dan dapat menembakkan menembakkan gelombang jiwa dari sang teknisi. pada awal kemunculannya di depan soul dan blackstar yang sedang bolos sekolah. Kid menunjukkan kemampuannya yang sangat hebat sebagai seorang shinigami. dan saat dia sudah melakukan resonansi jiwa dengan liz dan patty. kemampuannya sangat hebat dan mengerikan.


4. Franken Stein


Fanken stein. dia adalah salah satu guru di shibusen. jika dulu kita pernah menonton film lawas fanken stein pasti uda tau kayak gimana ciri ciri fisik dari stein ini.di shibusen dia juga sebagai dokter. orang ini sangat ahli dalam perterungan dengan tangan kosong, meski sebenarnya dia juga pandai dalam menggunakan weapon. partner dari dr. stein adalah Death Scythe (spirit/ayah maka). sejak dulu dr. stein adalah orang yang aneh, dia suk melakukan percobaan percobaan gila pada spirit. suka membelah dan memotong bahan experimentnya (manusia). pada penyerangan shibusen dalam upaya pembangkitan kishin pertama (asura) oleh penyihir medusa. dr stein bertarung dengan penyihir medusa. dan bisa mengalahkannya. tapi medusa masih belum mati.


5. Death Scythe


Orang ini adalah ayah dari maka. dia adalah weapon dari shinigami sama. dan teknisi nya yang lama adalah dr stein. saat berada pada bentuk senjata dia akan berbentuk seperti sabit kematian, yang dipakai hidan, cuman nggak 3 sabit, cuma 1 satu. sifatnya mirip dengan jiraiya di naruto, yaitu genip pada wanita cantik. sering minum di bar, bersama wanita wanita cantik,. dari beberapa death scythe yang ada hanya dia yang mendapat julukan death scythe. kemampuannya sebenarnya sandat hebat, tapi jarang sekali di tunjukkan. apalagi pada episode awal.

6. Shinigami Sama



Ini dia Shinigami sama. wajahnya kayak tengkorak. dia sangat kuat. tapi lebih sering diam dan agak suka bercanda. saat berpidato, kata katanya sangat singkat. mungkin cuma 1 kalimat, lalu selesai.

7. Medusa Gorgon


  Medusa adalah adik dari Arachine yang 800 tahun lalu (di dunia soul eater) adalah salah satu penyihir terkuat. Begitu pula dengan medusa, kemampuannya hebat dengan teknik panah vektor yang selalu ia gunakan di setiap pertarungan. Dia juga mendalangi beberapa percobaan, seperti mengeksperimen anaknya sendiri (chrona) dengan darah hitam. dan juga telah membuat Soul terinfeksi darah hitam.
   Pada saat pembangkitan kishin pertama , Medusa , chrona, eruka frog, mizune mouse, dan free bertarung dengan murid murid shibusen. dan medusa melawan Dr. Stein (yang kayak nya mereka saling suka), dan Dr. Stein berhasil mengalahkan Medusa dengan Death scythe dan memotong tubuh medusa. tapi kenyataannya medusa belum mati, ia masih hidup lalu menyusup masuk kedalam tubuh anak kecil bernama Rachel dan menemui kakaknya Arachine.

Berikut beberapa orang yang pernah bersekongkol dengan Medusa

a. Crhona dan Ragnarok
Crhona adalah anak dari medusa, tampang nya terlihat lemah, tapi kemampuannya cukup kuat, ditambah dengan black blood yang di milikinya dan patnernya Ragnarok. pada pertemuan pertama dengan maka, maka dikalahkannya dan membuat soul luka parah sehingga terinfeksi black blood. tapi untung Dr. Stein dan Spirit segera datang dan menolong. serangan biasa takkan mempan pada nya, karena black blood melindungi nya, dan membuat semua serangan gagal, maka yang mencoba memotong tubuhnya, gagal. mungkin dengan tembakan dari Kid juga tak kan mempan. tapi pernah saat serangan Giriko, black blood nya bisa di kalahkan, dan menyebabkan ia luka parah.

b. Eruka Frog
Penyihir yang awalnya tidak menyukai Medusa, dan mencoba mengalahkan medusa bersama temanya Mizune mouse, dengan menjebak medusa yang tengah menyamar di shibusen sebagai perawat. rencana eruka sebenarnya adalah, jika terasa hawa penyihir di shibusen maka, para murid shibusen akan datang adan membunuh penyihir tersebut, itu di rencanakan untuk membunuh medusa, tapi rencana itu gagal, karena pada pertemua mereka sebelumnya, medusa telah menanamkan ular kedalam tubuh mereka berdua, yang sewaktu waktu dapat membunuh mereka sesuai keinginan medusa, dan sejak itu, eruka frog patuh pada medusa. pada rencana pembangkitan kishin, eruka frog di bantu free, membawa black blood dan mencoba menyuntikkan black blood ke pada kishin yang tersegel. mereka harus menghadapi blackstar dan Kid. eruka juga bisa berubah menjadi kodok, karena dia memang penyihir kodok.

c. Mizune mouse
Teman akrab Eruka, berbentuk sperti tikus, bisa terbang. pada pertemuan dengan medusa ia sudah dikalahkan medusa dengan mengeluarkan ular yang ada pada tubuhnya secara paksa. pada rencana pembangkitan kishin, mizune bertarung melawan brea (penyihir kucing, yang akhirnya jadi kucing peliharaan maka, maaf yang postingan kemaren nggak saya masukin, soalnya agak mesum :D). dan pertarungannya sangat tidak baik di tonton buat anak kecil ya.. mizune terdiri dari 5 orang lalu bergabung menjadi satu dan menjadi wanita dewasa.

d. Free
Dia adalah Demon eye, immortal abadi, bisa berubah menjadi manusia srigala dan memiliki kemampuan jurus es. tapi sayang sangat ceroboh. saat bertarung melawan Maka, yang membuat maka kesulitan, karena saat itu maka tidak bisa menggunakan soul. bahkan saat tangan Free di potong blackstar dengan shuriken, tangannya tumbuh lagi. dulu Free di penjara hingga 800 tahun. setelah, medusa menyuruh eruka untuk membebaskan Free, maka Free membalas jasa medusa dengan ikut membantu dalam pembangkitan kishin. ia juga sempat membantu menggunakan teknik khusus untuk menyegel shibusen agar shinigami tidak bisa keluar. dalam rencana pembangkitan kishin asura.


8. Arachne



Penyihir arachine... adalah kakak dari penyihir medusa... 800 tahun lalu ia menyembunyikan diri menjadi jutaan laba laba dan menyebar keseluruh dunia... untuk mengawasi dunia .. dan ia sendiri hanya bersembunyi di dalam Golem tertua. itu dilakukan untuk menyembunyikan hawa keberadaanya dari Shinigami. setelah 800 tahun berlalu ia muncul kembali di hadapan maka, soul, crhona (saat ini crhona uda ada di pihak kawan) dan Ragnarok. murid muurid shibusen bertarung melawan giriko dan golem tersebut. hingga mereka kekalahan datang justin law... salah satu death sycthe...dan mampu mengimbangi giriko.. tapi arachne dan giriko segera kabur.. dan membiarkan golem melawan justin dan murid murid shibusen... tapi golem itu segera di hancurkan justin.

ini dia beberapa anak buah dari Arachne

a. Giriko

saya juga agak bingung.. saat saya mencari informasi tentang giriko.. gendernya ternyata 2 .. laki laki dan perempuan.. dia adalah weapon tanpa teknisi sama seperti justin law... bentuk snejatanya adalah gergaji mesin.. saat crhona mencoba untuk melawan giriko ternyata rantai gergajinya bisa mematahkan pertahanan sempurna black blood... dan membuat crhona terluka.. sebagai weapon tanpa teknisi kemampuan giriko sudah sangat tinggi termasuk... tapi pertarungannya denga justin harus segera berakhir saat arachne memintanya untuk segera berhenti.

b. Mosquito

dia adalah pengikut Arachne yang paling setia... tidak banyak yang saya tahu dari orang ini... tapi waktu ia mendekati penyihir Angela.. tapi Sid segera menembaknya dengan busur dari bentuk Yumi azusa si death scythe dari east asia. dan membuat mosquito terluka parah.. tapi ia segera menyembuhkan diri dengan meminum darah.. seseorang.. (bener bener kayak nyamuk).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar