Rabu, 18 Juli 2012

“All About Chakra”


537px-chakra_moulding_diagram_normalsvg
Di postingan kali ini saya akan membahas tentang chakra yang ada di manga naruto. Chakra adalah energy atau kekuatan tubuh atau energy spiritual yang berasal dari setiap sel pada tubuh. Chakra sangatlah penting dan merupakan teknik paling dasar. Chakra didapatkan melalui latihan dan pengalaman. Ada 361 titik chakra (disebut tenketsu ) dalam tubuh. Melalui berbagai metode, yang paling umum digunakan adalah segel tangan , chakra kemudian dapat dimanipulasi untuk menciptakan efek sepertiberjalan di atas air , menghembuskan napas api atau menciptakan ilusi.
Chakra pada dasarnya berasal dari Yin dan Yang dan keseimbangan energi mental dan fisik yang ada dalam tubuh. Ada suatu terknik yang bernama kekkei genkai yang dapat mencampur chakra elemen untuk membentuk elemen baru, misalnya akan mungkin untuk mencampur air dan angin menjadi elemen es, atau mencampur elemen tanah dan air menjadi elemen kayu. Sementara itu tidak banyak ninja dapat menggunakan lebih dari satu jenis chakra, sangat sedikit yang mampu menggunakannya secara bersamaan. Contohnya adalah hokage 1 dan yamato yang dapat menggunakan eleman kayu. Ada juga rekan zabuza yang bernama haku yang dapat menggunakan elemen es.
Jenis-Jenis Chakra :
1. Chakra Normal
Chakra Normal adalah bentuk energi dari semua individu yang hidup secara alami. Yang terkandung dalam “kumparan chakra” dan terhubung ke setiap organ yang memproduksi chakra, energi beredar di seluruh tubuh dalam jaringan yang disebut ” sistem peredaran darah chakra “(mirip dengan sistem kardiovaskular). Kelompok tertentu, seperti ninja, telah belajar untuk menghasilkan dan melepaskan chakra lebih di luar tubuh mereka melalui “titik chakra” ( tenketsu ) dalam rangka untuk melakukan teknik khusus ( jurus ). Chakra biasanya tidak terlihat oleh mata manusia, meskipun chakra dapat dilihat dalam situasi di mana seseorang melepaskan sebanyak mungkin chakra mereka. Hal ini jarang terlihat karena pembatasan titik chakra tertentu ( Delapan Gates ),Chakra dapat terlihat ketika melakukan teknik-teknik tertentu (seperti Rasengan atau raikiri ).
Dari berbagai jenis teknik, ninjutsu , genjutsu , dojutsu , dan sebagainya, semua memerlukan penggunaan chakra. Namun, taijutsu berbeda, biasanya tidak memerlukan menggunakan chakra apapun stamina adalah semua yang diperlukan. taijutsu biasa tidak memerlukan manipulasi chakra (dengan beberapa pengecualian). Sebuah serangan standar seperti pukulan atau tendangan termasuk dalam kategori teknik taijutsu.
Chakra adalah bentuk energi yang dihasilkan ketika dua bentuk energi lainnya dicampur bersama-sama. Kedua energi yang disebut sebagai “energi fisik” dan “energi spiritual”. Energi fisik yang dikumpulkan dari sel-sel tubuh dan dapat ditingkatkan melalui pelatihan, stimulan, dan olahraga. Energi spiritual berasal dari kesadaran pikiran (yaitu jiwa) dan dapat ditingkatkan melalui belajar, meditasi pengalaman, dan. Setelah dua energi menjadi akan lebih kuat pada gilirannya membuat chakra dibuat lebih kuat.

2. Chakra Bijuu (bijuu mode)
Dalam dunia Naruto, ada sembilan ekor binatang, setan jahat kuno (Bijuu) dengan pasokan besar chakra. Pada kenyataannya, mereka tidak lebih dari konsentrasi chakra yang telah diambil pada bentuk korporeal (pikiran dan tubuh). Selama Perang Besar Shinobi, Desa Tersembunyi masing-masing negara mencoba memanfaatkan chakra Bijuu untuk tujuan militer dan bersaing untuk mereka. Namun, tidak ada seorang pun dapat benar-benar dapat mengontrol Bijuu di bawah control mereka. Satu-satunya cara untuk mengontrol sebagian mereka adalah dengan menyegel mereka dalam manusia dengan teknik penyegelan kuat, seperti teknik segel 4 elemen milik naruto. Manusia yang menjadi tempat penyegelan Bijuu disebutjinchuriki
Para jinchuriki dapat memanfaatkan chakra Bijuu untuk mendapatkan kekuatan atau energy yang dasyat.namun menggunakan chakra tersebut dapat berbahaya bagi jinchuriki, dengan tubuh dan pikiran jinchuriki dipengaruhi atau bahkan diambil alih oleh Bijuunya. Dalam kasus Naruto Uzumaki , ketika ia menggunakanSembilan-tailed Demon Fox chakra ’s dan mencapai bentuk empat ekor , chakra begitu terkonsentrasi di sekitar tubuhnya yang terus-menerus membakar dagingnya dan diperbaiki tubuhnya segera, mengakibatka umurnya memendek.
3. Chakra Senjutsu (sannin mode)
Chakra Senjutsu adalah chakra yang berisi energi yang ditemukan dan didapatkan dari alam. Ini adalah sumber energi yang kuat, mampu memberikan kekuatan Ninja meningkat, kecepatan, dan daya tahan untuk taijutsu, serta meningkatkan kekuatan ninjutsu dan genjutsu dari seorang ninjutsu. Sage chakra diciptakan melalui tiga cara pencampuran dan menyeimbangkan energi fisik seseorang dan energi spiritual, serta energi alam dari atmosfer / udara dan medan / tanah. Sejak tiga energi harus seimbang, chakra pribadi semakin tinggi kapasitas (energi fisik dan energi spiritual), semakin banyak energi alami mereka dapat menambah campuran. Hanya mereka dengan kapasitas chakra yang begitu besar yang dapat mengumpulkan energi alam yang dibutuhkan untuk memasuki sebuah mode atau teknik kuat yang disebut sage mode .Juga, hanya ketika seseorang tetap “diam”, tidak lagi mengganggu aliran alam sekitar mereka seperti riak dalam kolam, dengan begitu mereka benar-benar bisa merasakan dan memanfaatkan energi alami.
4. Chakra Bintang
Chakra Bintang adalah jenis chakra yang berasal dari meteorit yang jatuh di bumi, shinobi dariHoshigakure dapat memanipulasi chakra bintang mereka menjadi berbagai macam keterampilan dengan efek kerusakan ekstrim pada tubuh mereka. Metode Hoshigakure ini bernama Merak Misterius, dari manifestasi baku sebagai chakra chakra merah muda ekor ungu mirip dengan bulu ekor burung merak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar